admin No Comments

Tips memilih vendor pernikahan menjadi salah satu tugas sulit di masa persiapan pernikahan ini. Siapapun calon pengantin pasti mengatakan setuju untuk hal tersebut! Bisa dikatakan memilih vendor akan menentukan kesuksesan hari pernikahan impian kamu nantinya. Berikut ini The Bride Dept berikan tips sederhana untuk kamu para calon pengantin:

Advice from an Expert

Dalam merencanakan hari pernikahan nanti akan ada banyak “suara” yang memberitahu kamu apa yang harus dilakukan. Namun pilihlah “suara” dari seorang ahlinya, orang yang berpengalaman dalam mengurus hari pernikahan. Termasuk dalam pemilihan vendor.

Menyaring Rekomendasi

Banyak teman dan kerabat yang menyarankan kamu untuk memilih suatu vendor tertentu? Dan mereka mengatakan vendor pilihan mereka itu bagus? Hal ini membuat kamu semakin bingung dalam menentukan pilihan?

Well, selain mendengarkan nasihat dan rekomendasi dari ahlinya, kamu juga bisa memilih vendor dari teman atau kerabat yang memiliki selera dan temperament sama seperti kamu.

Mengobrol dengan Klien Vendor Sebelumnya

Setelah kamu menyortir daftar vendor dan masih harus menyortirnya kembali untuk menentukan pilihan yang tepat, maka cobalah langkah ini! Yup, mengobrol dengan klien vendor sebelumnya. Cari tau seperti apa kinerja vendor tersebut mulai dari A sampai Z. Rekomendasi langsung dari klien vendor sebelumnya ini bisa membantu menentukan vendor yang tepat.

First Impression!

Bagaimana reaksi mereka saat bertemu dengan kamu? Seberapa cepat reaksinya? Dan seperti apa mereka “menjual” diri mereka? Catatlah kesan pertama saat kamu bertemu dengan vendor. Jika kamu “jatuh cinta” atau saling terhubung saat pertama kali bertemu, maka vendor tersebut bisa masuk ke dalam daftar vendor pilihan kamu.

Cek Portofolio dan Testimoni

Sekarang ini cukup mudah untuk mencari portofolio dan testimoni para vendor pernikahan. Dan agenda mengecek portofolio serta testimoni ini penting dilakukan loh sebelum memutuskan untuk bertemu dengan vendor pilihan kamu ini.

Vendor yang Mengenal Lapangan Dapat Nilai Plus!

Jika vendor pilihan mengenal bagaimana kinerja vendor pilihan kamu lainnya, maka itu menjadi nilai plus! Misalnya, WO pilihan kamu ternyata mengetahui seluk beluk venue yang akan kamu pilih. Mereka mengetahui bagaimana cara menyulap venue tersebut menjadi lokasi pernikahan impian kamu, dan lainnya. Jika kamu masih ragu dengan kinerjanya, maka bisa tanyakan pada manager atau staff vendor lainnya yang pernah bekerjasama dengan vendor pilihan kamu ini.

Pilihlah Vendor Sesuai Budget

Berapa budget yang sudah kamu siapkan untuk hari pernikahan? Pastikan vendor mengetahui budget ini dan mau menerimanya. Kalaupun budget yang kamu miliki tidak mencukupi, setidaknya vendor pilihan akan memberikan solusi sehingga tetap bisa membantu wujudkan hari pernikahan impian kamu. Jangan takut untuk bernegosiasi!

Perhatikan Team Player

Pastikan kamu bekerjasama dengan vendor yang bisa diajak bekerjasama, mau mendengarkan, memberikan ide, dan bersabar dengan sang calon pengantin. Vendor yang profesional tidak hanya akan memberikan ide tetapi juga mendengarkan kliennya untuk membantu mewujudkan hari pernikahan impian mereka.

Jangan Takut Untuk Menolak!

Jika kamu tidak merasa puas dengan vendor yang telah diajak bertemu terlebih tidak cocok, maka jangan takut untuk menolak. Sampaikan apa yang menjadi masalah lalu mintalah solusi dari mereka. Jika solusi yang mereka tawarkan bisa kamu terima maka lanjutkanlah, namun sebaliknya, jika tidak menemukan titik temu maka carilah vendor lain.

Setelah kamu dan pasangan menemukan dream team vendor pernikahan, maka berikanlah mereka arahan yang jelas dan biarkan mereka melakukan pekerjaannya. Komunikasi menjadi kunci utama loh! Semoga tips memilih vendor pernikahan ini membantu kamu dalam menjalankan masa persiapan pernikahan.

Notes:

  • Jadwalkan pertemuan dengan vendor-vendor yang ada dalam urutan teratas daftar vendor pilihan kamu.
  • Penting loh untuk bertemu face-to-face dengan vendor pilihan kamu! Jika vendor pilihan kamu ada di luar kota maka bisa gunakan Skype atau VideoCall.
  • Gunakan pakaian profesional sama seperti saat kamu hendak meeting dengan klien dan hargai waktu vendor. Dalam artian kabari vendor jika kamu akan telat sampai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *